Monday, November 26, 2007

Kodak Kameraku

Masih teringat dibenak saya, pertama kali memegang sebuah kamera foto disaat saya kelas 2 SMP (sekitar tahun 79'an). Sebuah kamera bermerk Canon QL dipinjamkan oleh ayah saya. Lewat Canon QL inilah saya mulai mengotak-atik dan mengetahui apa itu diagfragma, speed juga asa film termasuk filmnya. Saat itu yang ada dikepala saya adalah merk Kodak yang terbaik.

Disaat sekolah saya mengadakan Karyawisata ke waduk Jatiluhur, Purwakarta, tak ketinggalan si QL ikut tergantung di leher saya bak layaknya seorang turis atau wartawan.. atau tukang foto keliling? Jalan kesana kemari.. Jepret sana.. jepret sini..! Dan sampai akhirnya kami harus kembali ke Jakarta. Dalam perjalanan pulang, salah satu bis rombongan kami ada yang mogok. Sambil menunggu perbaikan, saya mencoba mengabadikan sekeliling, saat pas saya asik-asiknya memotret seorang ibu yang sedang sibuk dengan gabahnya, seseorang dari mereka berseru kepada saya, "Kodaknya..! kodaknya..!" berulang-ulang. Lha ada apa dengan film saya? Kok mereka tahu kalau saya memakai film Kodak? Lalu saya membalasnya dengan agak keras, " Memang ada apa dengan film Kodak sayaa..?" Mereka tetap menunjuk kamera saya sambil menyerukan kodak. Ups, ternyata mereka mau difoto beramai-ramai. Sip kalau begitu.. ini memang moment yang saya tunggu-tunggu. "Ayoo semuanya jejer dan liat sinii.." seru saya sambil mengintip view finder. Siap semuanyaaa.. 1..2.." dan Klik! Ah, saya menemukan sebuah senyum polos dibalik pose lugu mereka.. sebuah senyum dari Kodak.
Kodak
, Sebuah nama yang popular untuk sebuah produk yang berhubungan dengan fotografi sampai kamera sayapun disebut dengan nama Kodak walaupun saya menggunakan kamera Canon QL.
Sebuah Brand Image untuk fotografi.

2 comments:

Anonymous said...

Ini namanya the power of brand, mas.. Hayoo ini udah satu comment ya..means satu foto hihihhi

Jos Runarka said...

Sederhananya mereka ini, tapi begitu gembiranya mereka. Senang terhadap sesuatu yang dimata kita mungkin begitu sederhananya.

Mungkin ini kebahagiaan seorang fotografer untuk membagi momen bagi sesama....